Minggu, 10 Juli 2011

RESEP PANCAKE SEDERHANA

Terinspirasi dari tayangan drama korea,  si cowok ngebuatin si cewek pancake disiram maple syrup, cantik sekali, jadi pingin. Pernah juga nyobain pancake yang dibawa temen waktu kuliah, walaupun bentuknya tak seperti yang biasa dilihat di tipi, tapi rasanya enak juga..hmmm..

Akhirnya, saat liburan keinginan untuk memasak pancake tak terbendung lagi. Mulai dengan mencari-cari resep pancake dari internet, dilanjut dengan berbelanja sesuai resep, lalu mulailah masak dengan peralatan apa adanya yang kutemukan di dapur.
Ini nih resep yang kuikutin:

Bahan-bahan :
  • 100 gram tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
  • 50 gram gula pasir (bubuk)
  • 200 mL susu cair full cream
  • 30 gram margarin, dicairkan
  • 1 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 1 sendok makan baking powder
  • Bisa ditambahkan juga kismis dalam adonan

Topping : (pilih sesuai selera)
  • Sirup(rasa sesuai selera)
  • Selai
  •   Keju




Cara masak :

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir hingga tercampur rata.
  2. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok, tambahkan susu cair dan margarin yang sudah dicairkan.
  3. Beri baking powder lalu aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  4. Panaskan wajan kecil khusus pancake(karena ga punya, aku pakai teflon biasa aja, yang penting anti lengket). Beri minyak sedikit saja.
  5. Kemudian dadar adonan pancake (tuang secukupnya ke wajan yang telah diberi sedikit minyak) di atas api yang sangat kecil.
  6. Setelah permukaannya terlihat berlubang-lubang dan pinggirnya sedikit keras (baca: mudah untuk dibalikkan), baru dibalik dan dimasak sebentar saja.
  7. ulangi sampai adonan habis.  Supaya tidak lengket, tuang minyak goreng 1/2 sendok teh ke wajan tiap sebelum menuang adonan.




Cara penyajian :

Susun beberapa pancake di atas piring, lalu siram dengan sirup, atau bisa juga diolesi dengan selai, atau taburi keju, sesuai selera





Sumber: resep dari sebuah blog dengan penyesuaian

Yah, itu dia resep yang kuikuti. Karena ga punya takaran, aku pakai feeling aja, buat nentuin takarannya, hehe.. Percobaan pertama agak kurang berhasil, rasanya sedikit pahit, kata ibukku mungkin karena kebanyakan baking powder. Oh ok, percobaan selanjutnya.. berhasil!! Enak!! Ibukku, bapakku, adekku, semua bilang enak.. uh yeah.!(jogedjoged). Selanjutnya aku coba tambahin kismis ke adonannya, dan hasilnya,, lebih enak lagi.. senangnya :D

lupa ga kupoto, tapi ya mirip-mirip ini lah ya,hehehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar